free web site traffic and promotion

EVALUASI IPMR JAMBI

Diposkan oleh Unknown on Thursday, December 20, 2012


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu ‘alaikum Wr. Wb
Salam Kekeluargaan IPMR Jambi

A.    Pendahuluan
    Puji syukur marilah kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha esa yang memberikan anugerah dan hidayah-Nya, sehingga kita dapat dipertemukan dalam Forum Tertinggi IPMR JAMBI yaitu Musyawarah Tahunan Anggota (MTA) VI ini. Shalawat beriring salam marilah kita haturkan kepada baginda Rasulullah SAW sebagai tokoh reformasi sejati yang menghantarkan ummat manusia dari alam kejahilan menuju alam yang dibumbuhi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sahabat-sahabat, Saudara-saudara, dan Teman-teman peserta MTA VI IPMR JAMBI yang berbahagia.

    Mengawali laporan ini kami mengucapkan rasa hormat dan haru kami kepada Pemerintah Daerah Riau, Pemerintah Daerah Jambi, Penasehat, Pembina, Badan Pengurus Harian IPMR Jambi Periode 2010-2012 beserta anggota dan peserta MTA VI IPMR Jambi yang telah berperan aktif dalam menjalankan kebijakan, visi dan misi organisasi di daerah. Dan begitu juga panitia MTA VI IPMR Jambi yang sudah menghantarkan kita dalam forum resmi ini untuk mengakhiri masa bakhti perioderisasi kepengurusan Badan Pengurus Harian IPMR Jambi Periode 2010-2012.

    Setelah melalui perjalanan yang panjang dan sangat melelahkan tugas-tugas oerganisasi yang diamanatkan sesuai dengan hasil ketetapan MTA V IPMRl Jambi telah kami jalankan menurut kemampuan kami, tentunya diiringi oleh semangat kolektivitas antar satu unsur dengan unsur yang lainnya, sehingga apapun kendala dan rintangan yang menghadang kita gusung bersama sesuai dengan mekanisme organisasi. Dan akhirnya organisasi relative terwujud seperti yang kita inginkan bersama pula.

    Forum tertinggi di IPMR Jambi ini adalah momentum yang sangat strategis untuk melakukan reevaluasi organisasi dalam skala perbandingan masa lalu dan selanjutnya menjadi rekomendasi untuk masa berikutnya.
    Kami yakin dan percaya bahwa forum ini akan melahirkan produk pemikiran yang actual, realistis dan kontemporer dalam krangka kemajuan orgamisasi di masa yang akan datang, segala apa yang menjadi kekurangan dalam beberapa periode ini akan menjadi batu ujian untuk menatap masa depan.

    Untuk melahirkan produk pemikir seperti di atas, maka dibutuhkan paradigma pemikiran yang dilandasi wawasan intelektual, berpikir objektif, rasional dan progresif, sehingga melahirkan sebuah keputusan ilmiah (standar akademik). Karena seorang organisatoris yang baik apabila pola piker dan pola sikapnya seimbang dalam tindakan nyata dalam memecahkan masalah dan dengan itu pula akan lahir produk pemikiran yang aktualitatif.
    Semoga forum ini akan memberikan makna yang khas dan bermuara pada pencapaian visi dan misi organisasi.

B.    Kebijaksanaan Umum
    Setelah mengkaji kondisi organisasi secara menyeluruh baik secara internal maupun eksternal organisasi, maka di pandang perlu untuk ditetapkan suatu kebijaksanaan umum sebagai arah dan pedoman perjalanan organisasi selama satu periode. Secara internal oranisasi, permasalahan yang sangat kita rasakan saat ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman organisasi dan bersama rendahya kualitatif anggota, muaranya akan memperlemah idiologi organisasi.

    Dampaknya, semangat perjuangan dan pengabdian kepada organisasipun  rendah. Sehingga dalam memandang organisasi hanya sekedar wadah kekeluargaan dan silaturrahmi, bahkan ada yang berpandang bahwa organisasi ini hanya sekdar profit. Tentunya kondisi ini akan berpengaruh langsung akan lemahnya tanggung jawab akan tugas organisasi. Sedangkan secara eksternal organisasi ini dihadapkan persoalan yang cukup krusial karena rendahnya loyalitas ataupun perhatian masyarakat Riau yang ada di Jambi terhadap IPMR Jambi. Kondisi ini berpengaruh langsung terhadap dinamika perjalanan organisasi.

    Berdasarkan beberapa kondisi tersebut di atas baik secara internal maupun eksternal, maka IPMR Jambi mengambil kebijaksanaan umum yaitu internalisasi pemahaman dan penguatan idiologi organisasi tentang keikamian, mempertajam misi organisasi sebagai control social dan insfiratif perjuangan terhadap IPMR Jambi.

C.    Kondisi Objektif Organisasi
    Dalam perjalanan sebuah organisasi tentunya dihadapkan berbagai tentangan dan harapan, diantaranya :
1.    Internal
Secara internal organisasi dihadapkan berbagai persoalan, antara lain :
a.    Lemahnya pemahaman organisasi
b.    Lemahnya idiologi organisasi
c.    Lemahnya disiplin organisasi
d.    Rendahnya loyaliatas dan dedikasi terhadap organisasi
e.    Perbedaan persepsi terhadap eksistensi organisasi
f.    Lemahnya semangat perjuangan dan pengabdian terhadap organisasi

2.    Eksternal
Secara eksternal organisasi dihadapkan berbagai persoalan, antara lain :
a.    Kondisi Pemerintahan
b.    Kondisi Ekonomi Masyarakat Riau di Jambi
c.    Sosial Budaya
d.    Kondisi Politik

D.    Evaluasi dan Proyeksi
    Kami menyadari sedalam-dalamnya bahwa apa yang kami laksanakan belumlah memenuhi target yang diinginkan bersama. Harapan kita untuk menjadikan lembaga ini sebagai ajang mengasah intelektual, memperkuat idiologi, menciptakan kedisiplinan dan bertanggung jawab kepada organisasi masih jauh dari harapan bersama.

    Jujur kami sampaikan bahwa kondisi tersebut bukanlah faktor kesengajaan, tapi lebih disebabkan karena perbedaan pandangan dan persepsi dalam menterjemahkan akan eksistensi organisasi. Rendahnya kadar perjuangan dan semangat pengabdian kepada organisasi adalah hal yang paling urgen untuk kita tela’ah serius, karena hal ini menyangkut tujuan pokok eksistensi sebuah organisasi.

    Maka dari itu, berdasarkan kondisi di atas, maka ada beberapa proyeksi yang menjadi PR bagi organisasi IPMR Jambi ke depan. Antara lain :
1.    Penajaman wawasan intelektual aparatur dan anggota organisasi
2.    Menumbuhkembangkan semangat juang dan semangat pengabdian anggota
3.    Perlunya upaya strategis pengembangan organisasi
4.    Revitalisasi visi dan misi organisasi
5.    Perlunya strategi problem solver fenomena social daerah.

E.    Penutup
    Akhirnya sampailah dipenghujung laporan ini, kami harus akui bahwa apa yang kami lakukan dalam organisasi tidak seperti yang kita inginkan bersama. Terlalu banyak kekurangan yang harus dibenahi, namun bukan seperti kami tidak berusaha maksimal untuk mengembangkan organisasi, tapi percayalah apa yang kami lakukan semuanya itu adalah kepentingan organisasi.

    Semoga semangat untuk berjuang dan mengabdi untuk kepentingan organisasi dan yakinlah apa yang kita lakukan apabila disertai dengan niat tulus akan mendapat bimbingan dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan apa yang kita lakukan masuk dalam kategori nilai ibadah, Amin Ya Rabbal Alamin.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Jambi, 08 Desember 2012
Badan Pengurus Harian
Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IPMR) Jambi
Periode 2010-2012


SYAHRUDDIN DEMAT
Ketua Umum

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment