free web site traffic and promotion

Sambutan Ketua Umum IPMR Jambi

Diposkan oleh Unknown on Saturday, August 13, 2011

Syahruddin Demat
Bismillahi Rrachmani Rrachim
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Yth. Bapak Gubernur Propinsi Jambi atau yang mewakili
Yth. Bapak Gubernur Propinsi Riau atau yang mewakili
Yth. Para Dewan Penasehat IPMR Jambi
Yth. Para Dewan Pembina IPMR Jambi
Yth. Pengurus Forkom IPEMARI Se-Indonesia
Yth. Ketua IPMR Jambi Dimisioner, Sdra. Andi Herman
Yth. Para Pimpinan Badan Eksekutif  Mahasiswa Se- Kota Jambi
Yth. Para Ketua Organisasi Ekstra Kampus maupun organisasi Intra kampus
Yang saya Banggakan para Panitia Pelaksana Pelantikan Pengurus IPMR Jambi Periode 2010-2012
Dan Segenap Nakhoda Baru insan pengurus IPMR Jambi yang baru saja dilantik.

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa mencurahkan rahmat taufik dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam acara ini, dan tak lupa shalawat serta salam kita kirimkan kepada sang revolusioner sejati Islam yaitu Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan dan mengantarkan kita para pengikut-pengikutnya mencicipi segenap ilmu pengetahuan di era modern ini, dan lewat forum ini pula mari kita sama-sama mendoakan para pemimpin dan wakil kita yang saat ini sedang bertugas untuk dapat menuntaskan agenda-agenda  reformasi semoga beliau-beliau diberikan kekuatan  dan kejernihan berpikir oleh Allah SWT. agar senantiasa dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik, agar bangsa dan negara kita bisa melalui tantangan, musibah dan belenggu kemiskinan dan keterbelakangan yang sedang melanda negeri sekarang ini.

Demikian halnya kita doakan pula kepada teman-teman kita mahasiswa pelajar yang tergabung dalam IPMR di seluruh Indonesia khususnya di Jambi agar diberikan kesehatan kekuatan dalam mengikuti setiap proses pendidikannya agar kelak dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan karya nyata dalam semua sisi kehidupan.

Bapak Gubernur, Dewan Penasehat dan Dewan Pembina IPMR Jambi serta Para Tamu Undangan  yang saya hormati.

Perjalanan roda organisasi dari waktu kewaktu bukan hal yang mudah dilewati oleh pengurus dari periode ke periode, berbagai rintangan dan kendala senantiasa menghadang. Demikian halnya kepengursan sekarang sebagai pemegang tonggak dan roda  dalam menjalankan organisasi kedepan, rintangan dan tantangan tentunya akan semakin ketat, untuk itu bagi segenap pengurus IPMR Jambi yang telah dilantik, kami mengajak untuk memberikan kemampuan terbaiknya.

Kemampuan IPMR Jambi mampu bertahan seiring dengan perjalanan waktu selama ini dikarenakan potensi yang dimilikinya sebagai sebuah organisasi persaudaraan pelajar dan mahasiswa telah memperlihatkan tingkat intelektual dan profesional yang cukup memberikan gambaran akan kemampuan warga dan para kader dalam mengelola sebuah kekuatan organisasi dalam mengahdapi setiap waktu dan perubahan.

Arus globalisasi dunia dan kemajuan teknologi menuntut kita semua khususnya bagi para kader dan pengurus untuk menjadi insan yang handal yakni memilki kemampuan bartahan dan bergerak maju, jadi suka atau tidak bagi para warga IPMR Jambi menguasai teknologi mempertajam tingkat intelektual, menumbuhkan jiwa interpreneur yang tentunya dengan moralitas yang tinggi dan bertanggung jawab harus menjadi karakter dan identitas kita. Bangsa ini membutuhkan insan yang edukatif, inovatif, mandiri, kreatif, jujur dan bertanggung jawab dimana ada upaya kearah seperti itu harus dilakukan seperti dimana bumi di injak disitu langit di junjung.

Bapak Gubernur, Dewan Penasehat dan Dewan Pembina IPMR Jambi serta Para Tamu Undangan  yang saya muliakan.

Kelahiran IPMR Jambi, disamping sebagai organisasi persaudaraan antar mahasiswa dan pelajar yang berasal dari provinsi Riau yang berdomisili di jambi dituntut untuk dapat mengelola segenap SDA yang ada di Propinsi Riau serta mengontrol dan mengawasi roda pemerintahan Provinsi Riau guna untuk kemajuan dan pembangunan daerah kelahiran kita, tentunya untuk melakukan hal itu, dibutuhkan pemimpin yang tidak saja cakap dalam kepemimpinan, tetapi juga mampu mengelola organisasi. Kritis terhadap persoalan sosial, politik dan kebudayaan juga merupakan misi yang harus diemban oleh IPMR Jambi, karena persoalan itu seringkali muncul mewarnai pola kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kesalahan kita dalam memandang dan mengartikan pembangunan selama ini adalah karena pembangunan dilihat dari output, sebagai hasil nyata dari jeri payah dan usaha yang di jalankan oleh manusia baik secara pribadi kelompok maupun masyarakat pada umumnya. Apalagi kenyataan yang kita lihat adalah pembangunan yang berbentuk fisik, sarana perhubungan serta gedung pencakar langit yang megah menghiasi ibukota. Saking nampak jelas dan kongkrit itu, kita terabaikan akan arti proses kegagalan dalam kebijakan dan arahnya.

Sebagai suatu proses pembangunan sudah seharusnya mengindikasikan usaha-usaha koreksi dan reformasi dalam setiap fase atau tahap kemajuan. Koreksi atau reformasi dalam setiap fase atau tahun kemajuan sangat diperlukan oleh karena interaksi dan pengaruh dari factor eksternal dan mungkin pula internal yang terlepas atau tak tertangani dalam management pembangunan itu sendiri. Seperti halnya yang nampak dalam masa orde baru dan reformasi berbagai tuntutan terhadap perubahan kebijakan pembangunan mulai dari strategi pembangunan, orientasi, pendekatan sampai dengan arah terhadap langkah-langkah tekhnis praktis yang perlu segera di tempuh, telah di ungkapkan melalui serangkaian peristiwa yang berujung dengan perubahan politik dan kepemimpinan sekarang ini. Realita dari problematic yang kompleks dan rumit itu memerlukan penyederhanaan dalam hal :
pemahaman dan pendalaman yang seksama atas segala kesalahan dan kekurangan yang selama ini telah di buat atau di jalankan oleh kita sedemikian rupa sehingga dapat ditemukan suatu perspektif pemecahannya dalam kapasitas, kemampuan kondisi bangsa dewasa ini. Pamahaman dan pendalaman ini bukanlah sebagai upaya untuk menghujat siapa-siapa , melainkan untuk mempermudah kita memulai suatu langkah dan kesadaran baru di masa depan.

perlunya dilakukan perubahan yang mendasar tentang konsepsi (reconception ) pembangunan yang membawa perubahan dalam strategi, taktik serta implementasinya didalam masyarakat. Perubahan-perubahan ini harus pula di sadari sebagai yang di akibatkan oleh berbagai kebijakan yang telah di tempuh dewasa ini, tapi pula sebagai hasil dari proses perubahan yang terjadi diluar perspektif pembangunan itu sendiri. Perubahan konsepsi ini mengandung arti yang baru, dengan menetapkan sasaran-sasaran, target dan tujuan pembangunan secara baru dan relevan dengan permasalahan yang kita hadapi dewasa ini.

meurumuskan model atau matrik dari berbagai permasalahan tersebut baik sebagi input yang mengalami proses perubahan menjadi output dalam dimensi waktu atau tahap-tahap perkembangan bahkan kemjauan tertentu.

Provinsi Riau merupakan daerah yang sumberdaya alamnya sangat potensial namun secara konteks ataupun rill pengolalaannya belum maksimal sehingga perlu pemahaman dan pendalaman strategi dalam menentukan kebijakan dan arahnya.

Bapak Gubernur, Dewan Penasehat dan Dewan Pembina IPMR Jambi serta Para Tamu Undangan  yang saya hormati.

Keberadaan IPMR JAMBI  sebagai wadah pemersatu komponen mahasiswa dan pelajar yang berasal dari Provinsi Riau memiliki peran yang sangat penting dalam ikut berpartisipasi dalam pembangunan provinsi Riau, sebagai komponen mahasiswa dan pelajar yang menuntut ilmu di provinsi jambi memerlukan support yang sangat di harapkan dari pemerintah daerah dan masyarakat Provinsi Riau, maka untuk memenuhi kebutuhan sebagai factor penunjang dari kegiatan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pelajar  Mahasiswa Riau (IPMR) Jambi di pandang perlu untuk memberikan bantuan dana serta sarana prasarana berupa kelengkapan organisasi sebagai legalitas formal layaknya sebuah organisasi, sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai asset daerah dapat berajalan sesuai dengan visi dan misi organisasi dan daerah.
Filosofi Pembangunan Daerah Provinsi Riau mengacu kepada nilai-nilai luhur kebudayaan yang ada sebagai kawasan lintas budaya yang telah menjadi jati diri masyarakatnya sebagaimana terungkap dari ucapan Laksamana Hang Tuah “Tuah Sakti Hamba Negeri, Esa Hilang Dua Terbilang, Patah Tumbuh Hilang Berganti, Takkan Melayu Hilang di Bumi” . Posisi strategis Provinsi Riau ditinjau secara geografis, geoekonomi dan geopolitik menjadikan kawasan Riau sebagai kawasan yang dapat berperan penting dimasa yang akan datang, terutama terletak di jalur perdagangan dan ekonomi internasional.
Untuk dapat mewujudkan masyarakat Riau yang mempunyai kemampuan ekonomi yang tinggi baik secara lokal, nasional dan regional serta dilandasi dengan nilai-nilai hakiki kebudayaan yang beradab, bermoral dan tangguh menghadapi era globalisasi dan modernisasi yang pada akhirnya menjadikan masyarakat Riau maju dan mandiri, sejahtera lahir dan bathin dan beradat istiadat serta agamis.

Dari berbagai paradigma di atas, maka dari itu Ikatan Pelajar Mahasiswa Riau (IPMR) Jambi bermaksud untuk melaksanakan program organisasi sebagaimana layaknya oraganisasi dan legalitas formal organisasi ke depannya.

Dan akhirnya saya mengucapkan terima kasih kepada Ayahanda Bapak Gubernur Propinsi Riau yang mana telah membantu dan mensupport kami IPMR Jambi selama ini, dan kepada Bapak Gubernur Propinsi Jambi yang telah memberikan kami peluang untuk menimbah ilmu pengetahuan di Prop. Jambi serta para Dewan Penasehat dan Pembina yang mana telah banyak membantu kami baik moril maupun materil sehingga IPMR Jambi bisa eksist sampai saat sekarang ini. Dan tak lupa kami sampaikan ucapan terima kasih kepada para pengurus periode yang lalu terkhusus kepada Ketua Umum periode 2008-2010, yang telah meletakkan pondasi organisasi IPMR Jambi, sehingga kami diberikan amanah untuk melanjutkan perjuangan IPMR Jambi kedepan, semoga amanah yang telah di emban dan dilaksanakan diridhoi oleh Allah SWT. Amin Yaa Rabbal Alamin.

Akhirul kalam,
Wallahu Mu’afiq Ilaa Waaqwa’min Thoriq
Wassalamu ’alaikum Wr. Wb

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment