free web site traffic and promotion

Renungan Perjalanan Sang Perantau Ilmu

Diposkan oleh Unknown on Sunday, February 19, 2012

Majalah Anak Riau (IPMR) Jambi
"Perjalanan adalah sebuah keharusan dalam hidup" saya mengenalnya sebagai perantau, tapi perantauan itu dalam mendapatkan ilmu, maka saya panjangkan menjadi "sang perantau ilmu". dari sisi manapun kita memandang semuanya setuju bahwa ilmu yang kita miliki harus berkembang dari hari ke hari.

Lalu di awal tahun ini, saya kembali berfikir dan merenungi perjalanan hidup yang telah saya lalui dalam umur yang begitu lama. ya 26 tahun kini saya berada di dunia, namun bukan berarti kapasitas keilmuan saya seisi tahunan itu. hal ini yang kemudian membuat saya menghirup nafas dalam-dalam. apakah perantauan ini sia-sia.

Secercah pemikiran muncul di kedalaman hati, bahwa tak ada yang disesali kecuali satu hal. "tidak bijak dalam memanfaatkan waktu". saya yakin hanya satu hal inilah yang membuat pergeseran nilai dalam sebuah kehidupan manusia. terbuka secara jelas bahwa perjalanan waktu berlalu tanpa ku gunakan secara bijak . lalu kembali di awal tahun ini seorang perantau ilmu berkomitmen setelah Perjalanan Panjangnya dalam perantauan kehidupan, "gunakanlah waktumu dengan bijaksana, berfikir dan bergeraklah dalam wawasan keilmuan". saya masih diberi kesempatan untuk hidup, maka takkan kubiarkan ia berlalu begitu saja. karena waktu itu terus maju kedepan dan tak mau tahu akan segala yang tertinggal. seperti syair indah dari seorang pemimpin di masa lalu," waktu adalah pedang". maka, ambillah yang terbaik dari rentetan pedang yang terhunus.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment